PalembangSUMSEL

2024, Target Penerimaan Pajak Palembang Naik Rp35 Miliar, Fokus pada PBB dan BPHTB

JITOE.com, Palembang – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palembang menetapkan target peningkatan penerimaan pajak daerah sebesar Rp 35 miliar untuk tahun 2024 ini.

Kepala Bapenda Kota Palembang, Herly Kurniawan, mengungkapkan bahwa dari total 12 jenis pajak yang dikumpulkan oleh Bapenda pada tahun 2024, target keseluruhan ditetapkan sebesar Rp1,148 triliun.

“Meskipun target kita naik sedikit dari tahun lalu, yaitu sebesar Rp1,113 triliun di APBD-P, namun ini masih di bawah target APBD 2023 yang mencapai Rp1,2 triliun,” kata Herly, Rabu (17/01/2024).

Pajak Bumi & Bangunan (PBB-P2) dan Bea Perolehan Atas Tanah, dan Bangunan (BPHTB) menjadi fokus utama dengan target masing-masing sebesar Rp280 miliar.

Baca Juga:   Diskominfo Palembang Fasilitasi PAK Integrasi JF Pranata Humas se-Sumatera Bersama Kemenkominfo RI

“PBB yang mencapai Rp280 miliar adalah salah satu item yang akan kita optimalkan melalui updating data,” tambahnya.

Meskipun terdapat penurunan pada beberapa item pajak akibat perubahan tarif, Herly menyatakan bahwa hal ini akan berdampak pada potensi pajak yang berkurang, seperti pada pajak reklame yang sekarang hanya memiliki satu tarif.

Herly menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan melakukan pembaruan data PBB sebagai upaya strategis menghadapi target yang signifikan sebesar Rp280 miliar. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button