JitoepediaTeknologi

2024, Ini Cara TikTok Melawan YouTube: Kreator Digerakkan Unggah Video Panjang Landscape

JITOE.com – TikTok semakin menantang YouTube dengan mengajak para kreator untuk mengunggah video berformat landscape atau horizontal, menyerupai gaya YouTube.

Langkah ini diumumkan melalui laporan dari kreator @candicedchap dan @kenlyealtumbiz.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan, TikTok mendorong para kreator untuk membuat video dengan durasi lebih dari 1 menit dalam format landscape.

TikTok menjanjikan “increase views/boosted views” atau peningkatan penayangan selama 3 hari setelah video diunggah.

Namun, insentif ini hanya diberikan kepada kreator yang sudah menggunakan TikTok selama lebih dari 3 bulan. Video landscape tersebut harus memenuhi sejumlah syarat, seperti durasi lebih dari 1 menit, bukan video lip-sync atau acak, mematuhi Pedoman Komunitas, dan harus orisinal.

Pengguna perlu menambahkan hashtag #longervideos saat mengunggahnya.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Memanfaatkan Gambir untuk Membantu Proses Penyembuhan Luka Bakar

Meskipun TikTok tidak memberikan rincian apakah seluruh kreator bisa menikmati program boosted view untuk video landscape, fitur ini menunjukkan upaya TikTok untuk menghadapi pesaingnya dengan memperluas pengalaman konten.

Sejak awal Januari 2023, TikTok telah mengadopsi format video horizontal melalui fitur “full screen mode.” Fitur ini memberikan pengguna pengalaman menonton video TikTok layaknya di YouTube, dengan mode landscape dan tombol pemutar otomatis.

Sebelumnya, TikTok juga memperkenalkan durasi video hingga 10 menit dan saat ini sedang menguji video berdurasi 30 menit. Dengan langkah ini, TikTok yang awalnya dikenal dengan video pendek vertikal, kini juga menyasar pengguna yang lebih suka format horizontal ala YouTube.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button