Jitoepedia

10 Negara yang Paling Aman di Dunia untuk Traveling dan Menetap

Sekadar travelling, bahkan menetap di negara yang aman dan damai adalah dambaan semua orang. Ini membuat para wisatawan merasa aman dan nyaman untuk menjelajahi tempat-tempat wisata, kota, dan kawasan sekitarnya tanpa kekhawatiran yang berlebihan terkait keamanan.

Baru-baru ini, Global Peace Index 2023 merilis peringkat negara-negara paling damai di dunia.

Berdasarkan laporan Global Peace Index 2023 dari Institute for Economics and Peace (IEP), tingkat perdamaian suatu negara diukur melalui tiga aspek, yaitu tingkat keselamatan masyarakat, situasi konflik domestik dan internasional, serta militerisasi.

Baca Juga:   Bingung Cari Kerja, Yuk Kenali 10 Aplikasi Lowongan Kerja Populer di Indonesia

Secara keseluruhan, laporan tersebut menemukan bahwa tingkat keamanan global mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sebagian besar disebabkan oleh dampak pandemi Covid-19 yang tetap signifikan.

“Hasil tahun ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat perdamaian global memburuk sebesar 0,42 persen,” tulis laporan Global Peace Index 2023.

Sejak pertama kali dirilis pada 2008, Islandia kembali menjadi negara paling damai di dunia selama 15 tahun berturut-turut. Selain menjadi negara teraman, Islandia juga menempati peringkat ketiga sebagai negara paling bahagia di dunia, setelah Finlandia dan Denmark.

Baca Juga:   Meta Beri Insentif Ribuan Dollar untuk Konten Kreator Threads

Berikut adalah daftar 10 negara paling damai di dunia menurut Global Peace Index 2023:

  1. Islandia
  2. Denmark
  3. Irlandia
  4. Selandia Baru
  5. Austria
  6. Singapura
  7. Portugal
  8. Slovenia
  9. Jepang
  10. Swiss

Dari daftar tersebut, Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 10 negara paling aman di dunia. Indonesia berada di posisi ke-53 sebagai negara teraman di dunia dan posisi ke-12 di kawasan Asia-Pasifik. Meskipun demikian, Indonesia masih berada di bawah beberapa negara ASEAN seperti Malaysia, Vietnam, Laos, dan Timor Leste dalam hal tingkat keamanan.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button