Jitoepedia

Yuk, Kenalkan Maskot Pilkada Sumsel: Ikan Baung – Cek Waro dan Cek Ito

JITOE.com, Palembang – Pilkada serentak untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Salah satu elemen penting dalam Pilkada ini adalah maskotnya. Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024, maskot yang digunakan adalah Ikan Baung yang diberi nama Cek Waro dan Cek Ito. Merupakan karya Rizka Ananda.

Dilansir dari laman KPU Provinsi Sumsel, nama Cek Waro dan Cek Ito memiliki makna khusus. “Cek” dalam bahasa Palembang adalah panggilan hormat kepada seseorang yang usianya tidak terlalu jauh. Kata ini sudah umum digunakan dalam sapaan sehari-hari di Palembang. Sementara itu, “Waro” dan “Ito” adalah perpaduan dari bahasa khas Sumatera Selatan, yaitu “Suaro Kito” yang berarti “Suara Kita”.

Baca Juga:   Lindungi Anak di Bawah 18 Tahun, Meta Sembunyikan Konten Sensitif di IG dan FB

Desain Ikan Baung sebagai maskot diambil karena ikan ini adalah salah satu fauna khas Sumatera Selatan. Filosofi di balik maskot Ikan Baung menggambarkan cara hidup ikan yang terus bergerak maju meskipun menghadapi arus kuat. Ini melambangkan semangat yang pantang menyerah, yang diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk menghadapi tantangan dengan tekad kuat.

Warna abu-abu yang digunakan dalam desain maskot ini melambangkan ketenangan, stabilitas, dan netralitas. Selain itu, warna ini juga mencerminkan keseriusan, tanggung jawab, dan kemandirian, yang sesuai dengan semangat dan sifat para anggota Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Selatan dalam menjalankan amanah rakyat pada Pilkada 2024.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button