Berita UnikInternasional

Wow, Kim Jong Un Ternyata Selalu Bawa Toilet Ketika Berpergian

Editor: M. Anton

JITOE – Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea, atau yang lebih dikenal dengan Korea Utara, Kim Jong Un, ternyata selalu membawa toilet pribadi di setiap perjalanan terkhusus ke luar negeri. Tindakan ini demi mencegah aksi intelijen.

Kim Jong Un kerap membawa toilet pribadi ternyata agar kotorannya tak dicuri dan diselidiki intelijen asing dari negara-negara musuh.

Dikutip dari laporan Telegraph, tindakan Kim tersebut adalah salah satu cara agar intelijen asing tidak bisa mencari petunjuk terkait kesehatan pemimpin Korut tersebut.

Selain itu, langkah itu juga sebagai upaya Kim mencegah berita kesehatan dirinya bocor ke publik.

Kim terpantau membawa toilet pribadi saat menghadiri pertemuan puncak dengan eks Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada 2018 lalu.

“Toilet tak hanya ada di kereta pribadi Kim Jong Un tetapi juga mobil kecil atau menengah apa pun yang dia tumpangi dan bahkan di kendaraan khusus yang dirancang untuk medan pegunungan atau salju,” demikian laporan Business Insider mengutip Daily North Korea.

Baca Juga:   Jembatan Penghubung Malaysia-Indonesia Sepanjang 120 Km Bakal Dibangun

Menurut beberapa laporan media, saat ini kondisi kesehatan Kim menjadi perbincangan usai muncul laporan anak Kim Jong Il itu mengalami krisis paruh baya dan menjalani gaya hidup tak sehat. Di tengah krisis paruh baya tersebut, Kim kerap menangis dan minum alkohol sendiri.

“Pemimpin [Korut] menghadapi kecemasan baru terkait kesehatan dan keselamatan dia menjelang usia 40 tahun,” kata Pengamat studi Korea Utara yang berbasis di Seoul, Choi Jinwook, sebagaimana dikutip Telegraph.

Pengamat Korea Utara dan peneliti doktoral Universitas Kookmin, Peter Ward, menyatakan hal serupa.

“Dia mungkin lebih merasa fana sekarang dibanding tiga tahun lalu. Dan, dia juga menderita Covid-19 awal tahun ini,” ujar Ward.

Lebih lanjut, Ward menerangkan sejak 2011 Kim mengamankan kekuasaan dengan cara yang dianggap brutal.
Lihat Juga :
Donald Trump ‘Comeback’ di Pilpres AS 2024, Bakal Mulai Kampanye

Baca Juga:   Tak Kalah Seru, Deman Citayam Fashion Week, Wong Kito Catwalk di Zebra Cross Rajawali

Namun, pengamat itu juga menilai Kim tampaknya kewalahan menghadapi krisis finansial global dan sanksi internasional.

Kim kian terlihat tertekan karena dia juga berusaha keras memblokir penyebaran informasi soal dirinya.

Di tengah rumor kesehatan Kim, dokter pribadi dan istri Kim Jong Un telah meminta dia untuk berhenti mengonsumsi minuman yang mengganggu kesehatan.

Mereka juga menyarankan agar pemimpin Korut itu sering berolahraga. Namun, Kim tampaknya mengabaikan saran tersebut.

Isu kesehatan Kim menurut sebetulnya sudah mencuat sejak lama. Pada Desember 2021, berdasarkan foto yang beredar pemimpin Korut itu tampak kurus saat menghadiri rapat Pleno Komite Sentral Partai Buruh.

Pada 2020, Kim bahkan sempat tak menampakkan diri di ruang publik selama berminggu-minggu. Hal ini memicu spekulasi liar soal kesehatan pemimpin Korea Utara itu. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button