Nasional

Syarat Ketahanan Indonesia Menjadi Kuat

Editor: Pudiyaka

JITOE – Soal ketahanan negara khususnya dalam pertahanan dan ketahanan ekonomi negara, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika menjadi narasumber dalam acara asosiasi perguruan tinggi swasta Indonesia di Nusa Dua-Bali (2/6/2022), mengatakan bahwa belajar dari peristiwa perang Ukraina-Rusia, Prabowo menekankan ada 5 syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi negara yang kuat, yaitu swasembada pangan, energi, air, Lembaga & SDM Pemerintah serta memiliki angkatan perang yang unggul.

Prabowo menegaskan, “Kita harus swasembada pangan, kita tidak boleh tergantung pangan dari luar. Sembada pangan utama dan kita tidak boleh impor energi lagi dari luar. Harga crude oil tahun lalu dianggarkan US$ 80 sekarang sudah mmenjadi US$ 130. Kita sudah harus riset buat perkiraan swasembada air, jangan anggap enteng masalah air,”ungkap Prabowo.

Baca Juga:   20 April 2023, Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Syawal 1444 H

Prabowo lebih jauh menegaskan bahwa, siapa yang bisa menciptakan teknologi air bersih, maka dia nanti yang menjadikan negara makmur dan aman. Lebih lanjut menjelaskan, untuk menjadi negara yang kuat tentu juga harus memperkuat lembaga-lembaga pemerintah kita, pegawai negeri kita, ASN kita, kemudian kita harus memiliki angkatan perang yang unggul, tegas Prabowo. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button