Ekonomi

Persentase Penduduk Miskin Provinsi Sumatera Selatan Peringkat ke-9

Oleh: Pudiyaka

Berita Resmi Statistik, 17 Januari 2022 yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa, penduduk miskin di Indonesia pada September 2021 sebesar 26,50 juta orang (9,71 persen).

Berdasarkan persentase penduduk miskin menurut provinsi setelah diurutkan mulai dari peringkat 1 yang memiliki presentase penduduk miskin terbesar (Provinsi Papua (27,38%)) sampai peringkat ke-34 yang memiliki presentase penduduk miskin terkecil (Provinsi Kalimantan Selatan (4,56%)).

Provinsi Sumatera Selatan berada pada peringkat ke-9 dengan prosentase penduduk miskin (12,79%), yang berarti persentase penduduk miskin di Provinsi Sumatera Selatan berada pada posisi diatas rata-rata nasional (rata-rata 9,71 persen). Provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki persentase penduduk miskin tertinggi peringkat ke-1 Provinsi Aceh (15,53%) , Provinsi Bengkulu (14,43%) dan Provinsi Sumatera Selatan (12,79%) peringkat ke-3 di Pulau Sumatera.

Baca Juga:   Harga Cabai Pengaruhi Inflasi di Sumsel

Pulau Kalimantan tercatat memiliki jumlah penduduk miskin paling rendah (0,98 juta orang) dibandingkan dengan pulau yang lain. Berdasarkan persentase penduduk miskin, Pullau Kalimantan juga memiliki persentase penduduk miskin paling kecil (5,85%). Apabila dilihat menurut provinsi dapat diketahui bahwa provinsi-provinsi yang ada di Pulau Kalimantan memiliki persentase penduduk miskin dibawah angka 7 persen, berarti lebih baik dari rata-rata nasional (9,71 persen).

Provinsi yang memiliki persentase penduduk miski n di bawah 5 persen yakni Provinsi Bali (4,72%), Provinsi DKI Jakarta (4,67%) dan provinsi yang memiliki persentase penduduk miskin terendah yaitu Provinsi Kalimantan Selatan (4,56%).

Baca Juga:   Produksi Padi Lampung Bersaing Ketat dengan Sumsel

Sedangkan Provinsi yang memiliki persentase penduduk miskin diatas 20 persen yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur (20,44%), Provinsi Papua Barat (21,82%) dan Provinsi Papua (27,38%) memiliki persentase penduduk miskin paling besar.dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button