Home Teknologi Mengenal Dunia Bawah Laut Internet, Hingga Legenda Mariana’s Web yang Mirip One Piece

Mengenal Dunia Bawah Laut Internet, Hingga Legenda Mariana’s Web yang Mirip One Piece

by Redaksi
Mengenal Dark Web, Deep WebDunia Bawah Laut Internet, Hingga Legenda Mariana s Web yang Mirip One Piece

Oleh: Bangsa Prabu

Dunia internet seperti lautan, ada bermacam habitat dan keanekaragaman hayati, dari permukaan hingga palung yang paling dalam.

Semua yang bisa diakses mesin pencari semacam Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain, atau sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya, ternyata hanya bagian dari permukaan internet atau dikenal dengan istilah lapisan surface web.

Apa yang ditemukan di lapisan permukaan, diperkirakan baru empat persen dari seluruh informasi yang ada di dunia. Sisanya 96 persen, tersembunyi lebih dalam lagi atau dikenal dengan istilah deep web.

Deep Web adalah bagian dari dunia Internet yang tidak teriindeks oleh mesin pencari (hidden).

Deep web berfungsi untuk menyimpan informasi-informasi yang sangat penting seperti informasi instansi pemerintah, rekam medis, mobile banking dan sejenisnya.

Dark Web Yang Mengerikan

Di dalam Deep Web, ada dunia Dark Web.

Dark web adalah samudra yang penuh dengan hal-hal aneh, indah, menakjubkan, sekaligus horor.

Untuk mengakses dark web dapat menggunakan mesin pencari (browser) yang dirancang khusus, seperti TOR (The Onion Router), yaitu browser yang mengijinkan penggunanya untuk menelusuri internet secara anonim. TOR pada awalnya didesain sebagai alat komunikasi militer, dipergunakan untuk menjaga pesan agar tetap terenkripsi dan rahasia.

Akan tetapi, sangat tidak disarankan untuk menyelami dark web, kecuali dimentori profesional. Untuk para newbie (pemula) yang ingin mencoba-coba masuk ke alam ini, jika tidak siap sebaiknya urungkan niat, karena akan membuat Anda seperti ikan kecil di tengah kawanan hiu.

Di dalam dark web, penuh dengan virus-virus berat yang dapat memberikan kerusakan besar pada komputer, informasi pribadi dapat terkuak, dapat menyebabkan resiko gangguan mental atau trauma karena gambar atau video yang dipublikasikan rata-rata tidak layak dilihat atau ditonton.

Konten dark web berisikan sesuatu yang “tak tersentuh” dan dihindari oleh media-media konvensional karena dianggap berisi berbagai aktivitas ilegal, seperti penjualan narkoba, tips dan trik hacking, pembunuh bayaran (assasin), eksperimen manusia, termasuk database hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga peneliti, pemerintahan, maupun penelitian yang bersifat pribadi.

Alat transaksi dark web menggunakan bitcoin, yaitu mata uang digital yang memberi kesempatan pengguna untuk membeli barang-barang secara anonim.

Dalam satu laporan dari lembaga riset siber Indonesia Communication & Informatian System Security Research Center (CISSReC) tahun 2020 lalu, menyebutkan bahwa jutaan data pribadi warga Indonesia ditawarkan secara gratis di forum internet, Raid Forums, yang berada di dalam dunia Dark Web. Peretas mengklaim telah membobol 2,3 juta data warga Indonesia (nama, alamat, nomor ID, tanggal lahir, dan lainnya) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, 21 Mei 2020.

Kisah lain adalah petualangan dua orang wartawan BBC, Joe Tidy dan Alison Benjamin, melakukan dua pembelian – ekstasi dan kokain. Keduanya ingin mendapatkan pemahaman tentang perdagangan narkotika dan obat-obatan di dunia dark web.

Dari kesimpulan yang mereka dapatkan, betapa bebas dan mudahnya para pedagang narkoba melakukan transaksi penjualan di dunia dark web, sekalipun pasar online tempat pedagang narkoba itu beroperasi telah diblokir oleh polisi.

Legenda Mariana’s Web Konon Sembunyikan Semua Rahasia Dunia

Jika Anda pernah menonton atau membaca seri manga petualangan Bajak Laut Topi Jerami, Luffy, dan kawan-kawan yang ditulis oleh Eiichiro Oda, Mariana’s Web sama seperti One Piece, yaitu harta karun yang menyembunyikan begitu banyak kekayaan dan rahasia di dunia ini.

Keberadaan Web Mariana masih abu-abu, dan menjadi misteri. Penyebutan pertama kali muncul di media sosial Reddit dan akhirnya memunculkan berbagai spekulasi dan teori.

Julukan nama ‘mariana’ diambil dari nama palung terdalam di bumi, yaitu terletak di bagian barat Samudera Pasifik atau sekitar 200 kilometer dari Kepulauan Mariana yang dikenal dengan nama Mariana Trench atau Palung Mariana. Selain terdalam, Mariana Trench juga diklaim sebagai tempat terendah di bumi.

Konon, Mariana’s Web menyimpan berbagai rahasia dunia yang tidak diketahui orang awam, seperti lubang hitam, Atlantis, data para intelijen dunia, dan berbagai teori konspirasi. (*)

Baca Berita Jitoe Lainnya

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

TENTANG KAMI

Jitoe.com merupakan portal berita online | jaringan informasi aktual dan objektif

J2 CHANNEL

@2021 – All Right Reserved. Designed and Developed by Jitoe