Jitoepedia

Kimchi: Makanan Lezat Menurunkan Berat Badan

JITOE.com – Kimchi, hidangan khas Korea Selatan yang digemari banyak orang terutama penggemar Kpop dan drakor, tidak hanya lezat dan otentik tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal, mengonsumsi kimchi setiap hari dapat mendukung upaya penurunan berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Kimchi, hidangan fermentasi dari kubis dan sayuran, tradisional di Korea, memiliki manfaat khusus. Penelitian terbaru dari Korea Selatan melibatkan lebih dari 115.000 orang berusia 40 hingga 69 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi satu hingga tiga porsi kimchi kubis per hari mengalami penurunan risiko obesitas sebesar 11 hingga 12 persen dibandingkan dengan yang mengonsumsi kurang dari satu porsi per hari.

Baca Juga:   Lantaran Anies, Videotron Jadi Viral, Emang Apa Sih Videotron dan Berapa Harganya?

Untuk kimchi yang terbuat dari lobak, risikonya sembilan persen lebih rendah untuk terjadinya lemak di sekitar perut, baik pada pria maupun wanita. Meskipun demikian, penelitian menyarankan agar tidak mengonsumsi lebih dari tiga porsi kimchi sehari, karena jumlah yang berlebihan dapat berdampak negatif terutama karena kandungan garam pada kimchi.

Kimchi, yang biasanya terdiri dari kubis, lobak, bawang bombay, dan rempah-rempah seperti bubuk cabai merah, bawang putih, dan jahe, telah lama diakui karena manfaatnya bagi kesehatan usus. Bakteri “baik” dalam makanan fermentasi seperti kimchi dapat mendukung kesehatan usus dan memiliki pengaruh positif pada berat badan. Tetaplah mengonsumsi kimchi dengan seimbang untuk meraih manfaat optimal tanpa risiko kelebihan berat badan.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button