JitoepediaKesehatan

10 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan [Penting Diketahui]

JITOE.com – Kayu manis merupakan rempah yang tidak hanya memberikan cita rasa istimewa pada makanan, tetapi juga kaya akan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dapat membantu mengatur gula darah, memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, dan mengurangi peradangan.

Sebagai rempah yang telah diapresiasi selama ribuan tahun karena khasiat obatnya, kayu manis semakin mendapatkan pengakuan dari ilmu pengetahuan modern. Penelitian-penelitian baru menegaskan potensi manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari konsumsi kayu manis.

Berikut adalah 10 manfaat kayu manis bagi kesehatan:

  1. Khasiat Obat yang Ampuh: Kayu manis, terbuat dari kulit pohon bagian dalam, memiliki sejarah penggunaan sebagai obat sejak Mesir Kuno.
  2. Penuh Antioksidan: Kayu manis mengandung antioksidan kuat, seperti polifenol, yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.
  3. Anti-inflamasi Alami: Senyawa antioksidan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, mendukung respons tubuh terhadap infeksi dan kerusakan jaringan.
  4. Perlindungan Jantung: Konsumsi kayu manis dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar trigliserida, kolesterol total, dan tekanan darah.
  5. Meningkatkan Sensitivitas Insulin: Kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, membantu menurunkan resistensi insulin dan mendukung pengendalian gula darah.
  6. Penurun Gula Darah: Terkenal sebagai penurun gula darah, kayu manis dapat mengurangi jumlah gula yang masuk ke darah setelah makan.
  7. Efek pada Penyakit Neurodegeneratif: Senyawa dalam kayu manis tampaknya dapat melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.
  8. Potensi Antikanker: Meskipun bukti terbatas pada studi hewan, kayu manis menunjukkan potensi melawan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.
  9. Melawan Bakteri dan Jamur: Cinnamaldehyde dalam kayu manis dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur, membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan dan mulut.
  10. Sifat Anti-virus: Kayu manis telah menunjukkan kemampuannya melawan beberapa virus, termasuk HIV-1, influenza, dan demam berdarah, tetapi penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.
Baca Juga:   Tidak Terdaftar di BPOM, Waspada 4 Sirup Batuk Anak Ini Tewaskan 69 Anak Gambia

Sebagai tambahan, kayu manis dapat ditemukan dengan mudah di supermarket dan dapat diintegrasikan ke dalam berbagai resep makanan.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button