JitoepediaTeknologi

Keren! WhatsApp Uji Coba Fitur Kirim Pesan Animasi

JITOE.com – WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru yang akan membuat layanan perpesanannya lebih interaktif dan ekspresif. Fitur tersebut adalah Autoplay Animation WhatsApp, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan versi beta.

Dengan fitur ini, pengguna akan dapat mengirim dan menerima pesan animasi seperti stiker, emoji, dan avatar yang akan diputar secara otomatis dalam obrolan. Ini merupakan peningkatan signifikan dari pengalaman pengguna saat ini, di mana animasi harus diklik terlebih dahulu untuk diputar, yang sering kali terasa kurang praktis.

Perkembangan Fitur Autoplay Animation WhatsApp

Berdasarkan laporan dari WABetainfo yang dikutip oleh detiKINET dari Android Police, fitur Autoplay Animation ini telah mulai diuji coba oleh beberapa pengguna WhatsApp versi beta 2.23.11.4 di Android. Dalam versi beta ini, WhatsApp yang dimiliki oleh Meta telah meluncurkan opsi baru dalam Pengaturan Obrolan.

Di sini, pengguna dapat menemukan opsi bernama “Autoplay animated images”. Ketika diaktifkan, fitur ini akan membuat emoji, stiker, dan avatar bergerak secara otomatis di dalam obrolan setelah pengguna mengirim atau menerimanya.

Manfaat dan Kelebihan Fitur Autoplay Animation WhatsApp

Bagi pengguna yang lebih suka pengalaman aplikasi dengan animasi minimal, WhatsApp menyediakan pengaturan untuk mematikan pemutaran otomatis, memberikan fleksibilitas bagi mereka yang ingin menghindari gangguan visual. Ini memastikan bahwa pengguna memiliki kendali penuh atas bagaimana mereka ingin berinteraksi dengan konten animasi dalam aplikasi.

Meski fitur Autoplay Animation WhatsApp ini tidak berlaku untuk gambar berformat GIF, fitur ini tetap memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan dan ekspresi dalam percakapan sehari-hari di WhatsApp. Emoji animasi yang direncanakan untuk diluncurkan dalam pembaruan mendatang akan memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri dengan cara yang lebih dinamis dan menarik.

Baca Juga:   Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Dalam 1 Hari

Pengaruh Fitur Autoplay Animation WhatsApp Terhadap Pengguna

Fitur Autoplay Animation berpotensi mengubah cara pengguna berinteraksi dalam obrolan WhatsApp. Dengan animasi yang diputar secara otomatis, percakapan bisa menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Misalnya, ketika seseorang mengirimkan stiker lucu atau emoji animasi, penerima tidak perlu lagi mengklik untuk melihatnya bergerak, membuat komunikasi lebih spontan dan natural.

Selain itu, fitur ini juga dapat memperkaya ekspresi pengguna dalam percakapan. Emoji dan stiker animasi bisa menyampaikan perasaan atau reaksi dengan lebih kuat dibandingkan dengan gambar diam. Misalnya, emoji wajah yang bergerak bisa menunjukkan ekspresi yang lebih jelas seperti tertawa, sedih, atau terkejut, yang mungkin tidak sepenuhnya tersampaikan dengan gambar statis.

Cara Mengaktifkan Fitur Autoplay Animation WhatsApp

Untuk menggunakan fitur Autoplay Animation ini, pengguna hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke menu Pengaturan.
  3. Pilih opsi Obrolan.
  4. Masuk ke Pengaturan Obrolan.
  5. Temukan opsi “Autoplay animated images” dan aktifkan.

Dengan mengaktifkan opsi ini, semua emoji, stiker, dan avatar yang dikirimkan atau diterima akan diputar secara otomatis dalam obrolan. Jika pengguna merasa terganggu dengan animasi yang terus-menerus, mereka dapat dengan mudah menonaktifkan fitur ini melalui pengaturan yang sama.

Baca Juga:   Gen Z Lebih Memilih TikTok Daripada Google: Tren Baru dalam Pencarian Informasi

Tantangan dan Harapan

Meski fitur Autoplay Animation menjanjikan peningkatan pengalaman pengguna, ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi. Salah satunya adalah konsumsi data dan daya baterai. Animasi yang diputar secara otomatis bisa meningkatkan penggunaan data dan menguras baterai lebih cepat, terutama bagi pengguna yang sering berkomunikasi menggunakan animasi.

Selain itu, tidak semua pengguna mungkin menyukai animasi otomatis. Ada pengguna yang lebih memilih tampilan sederhana dan tidak ingin terlalu banyak gangguan visual. Oleh karena itu, penting bagi WhatsApp untuk memastikan bahwa pengaturan untuk mematikan fitur ini mudah diakses dan digunakan.

Namun, dengan pengujian yang terus dilakukan dan umpan balik dari pengguna beta, WhatsApp dapat menyempurnakan fitur ini sebelum peluncuran resminya. Dengan begitu, mereka dapat memberikan keseimbangan antara fungsionalitas dan kenyamanan pengguna.

WhatsApp terus berinovasi untuk meningkatkan layanannya dan membuat pengalaman pengguna semakin baik. Fitur Autoplay Animation merupakan langkah maju dalam membuat komunikasi lebih interaktif dan ekspresif. Meskipun masih dalam tahap pengembangan beta, fitur ini menunjukkan potensi besar untuk merubah cara kita berinteraksi melalui pesan instan.

Dengan animasi yang diputar secara otomatis, percakapan bisa menjadi lebih hidup dan ekspresif, memberikan pengguna cara baru untuk mengekspresikan diri mereka. Sambil menunggu peluncuran resminya, kita dapat mengharapkan WhatsApp untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan fitur ini berdasarkan umpan balik pengguna.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button