Home Religi Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadha 1442 H

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadha 1442 H

by Redaksi
Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadha 1442 H

Jitoe – Kementerian Agama Republik Indonesia sore ini, 12 April 2021, rencananya akan menggelar sidang Isbat. Sidang ini dilakukan untuk menentukan awal Ramadhan, sekaligus menandai dimulainya pelaksanaan ibadah puasa bagi ummat muslim di Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam siaran persnya beberapa waktu lalu menegaskan, sidang Isbat tahun ini akan dilakukan secara daring. Namun juga sebagian lagi dilakukan secara langsung. Hal ini mengingat kondisi Indonesia saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Guna mendukung penetapan awal Ramadhan dengan menentukan posisi hilal, pihak Kemenag telah menyebar beberapa ahli di 86 titik di seluruh Indonesia. Di daerah ibukota Jakarta, Rukyatul Hilal dilakukan di Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid Al Musyari’in Basmol, dan Masjid KH Hasyim Asy’ari.

Rencananya, sidang isbat sore nanti akan dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dengan mengundang Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG, pimpinan MUI dan Komisi VIII,” ungkap Kamaruddin.

Sebelum Kemenag menentukan awal puasa, organisasi keagamaan Muhammadiyah telah terlebih dahulu menetapkan penanggalan 1 Ramadhan 1442 H bertepatan pada Selasa Wage, 13 April 2021. Sedangkan Idhul Fitri jatuh pada Kamis Wage, 13 Mei 2021.

Perhitungan yang dilakukan Muhammadiyah ini didasarkan atas hasil hisab hakiki wujudul hilal yang selama ini menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dimana Ijtimak jelang Ramadan 1442 H terjadi pada hari Senin Pon, 12April 2021 M pukul 09:33:59 WIB. Tinggi Bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam Matahari itu Bulan berada di atas ufuk. Begitu pula dengan Ijtimak jelang Syawal 1442 H terjadi pada hari Rabu Pon, 12 Mei 2021 M pukul 02:03:02 WIB.

Maklumat yang dikeluarkan PP Muhammadiyah, ditandatangani Ketua Umum Haedar Nashir dan Sekretaris PP Agung Danarto, juga menetapkan 1 Zulhijah 1442 H jatuh pada hari Ahad Pon, 11 Juli 2021 M. Sedangkan Hari Arafah 9 Zulhijah 1442 H bertepatan pada Senin Legi, 19 Juli 2021 M. Sedangkan Idul Adha 10 Zulhijah 1442 H jatuh pada hari Selasa Pahing, 20 Juli 2021 M.

Baca Berita Jitoe Lainnya

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

TENTANG KAMI

Jitoe.com merupakan portal berita online | jaringan informasi aktual dan objektif

J2 CHANNEL

@2021 – All Right Reserved. Designed and Developed by Jitoe