EkonomiPertanian

Indonesia dan Malaysia Sepakat Menentukan Harga Sawit Dunia

Editor: Pudiyaka

JITOE – Terungkap dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Malaysia Dato’ Sri Ismail Sabri Yaakob di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/4/2022), Indonesia dan Malaysia Sepakat Menentukan Harga CPO Dunia.

“Kami berdua bersetuju harga minyak kelapa sawit (CPO) patut ditentukan bersama oleh pihak Malaysia dan Indonesia dan tidak bersaing dari segi penetapan harga,” kata PM Malaysia saat memberikan pernyataan bersama didampingi Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Hal itu dengan alasan, karena kedua negara adalah produsen kelapa sawit terbesar di dunia. “Karena Malaysia dan Indonesia merupakan dua negara yang menguasai keseluruhan dari segi ekspor minyak kelapa sawit,” kata PM Dato’ Sri Ismail Sabri Yaakob.

Baca Juga:   Celah Bisnis Talas Pandeglang Menggiurkan Telah Menyebar Ke Sumatera

Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar Dunia

  1. Indonesia
    Tahun 2021 produksi CPO Indonesia menembus 46,8 juta ton. Produksi minyak
    sawit sebesar itu dihasilkan dari luas perkebunan mencapai 15,1 juta hectare.
  2. Malaysia
    Tahun 2021 produksi minyak sawit Malaysia diperkirakan mencapai 18,7 juta ton. Luas perkebunan sawit Malaysia mencapai 5,35 juta hektare.
  3. Thailand
    Produksi minyak sawit sebanyak 3,12 juta ton. Luas perkebunan sawit 810 ribu hektare.
  1. Kolombia
    Negara di Amerika Latin ini memiliki produksi minyak kelapa sawit mencapai 1,65 juta ton dari luas perkebunan sawit 260 ribuan hektare.
  2. Nigeria
    Negara di benua Afrika ini menghasilkan minyak kelapa sawit 1,4 juta ton. Luas perkebunan sawit mencapai 2,5 juta hektare.
Baca Juga:   DME untuk Gantikan LPG

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button