JitoepediaKesehatan

ASI Eksklusif dapat Mencegah Penyakit Pneumonia

Pneumonia adalah penyebab kematian utama pada anak-anak, namun penyakit ini bisa dicegah dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan.

Menurut data Kementerian Kesehatan 2018, pneumonia telah merenggut lebih dari 800.000 nyawa anak balita di seluruh dunia. Sebagian besar kematian terjadi pada anak di bawah dua tahun, dengan hampir 153.000 kematian dalam bulan pertama kehidupan.

Angka kematian akibat pneumonia melebihi penyakit lain seperti diare (437.000 kematian) dan malaria (272.000 kematian). Dikutip dari bisnis.com, Dokter spesialis anak RSCM, dr. Dani, menjelaskan bahwa pneumonia disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur yang menyerang saluran pernapasan anak. Penyakit ini dapat menyebar melalui droplet atau percikan air liur dan lendir.

Baca Juga:   Cara Mudah Menambah Font di Canva

Gejala pneumonia meliputi demam, batuk/pilek, napas cepat atau sesak napas, retraksi, dan hipoksia. Mycoplasma pneumoniae, salah satu penyebab pneumonia, seringkali tidak menunjukkan gejala dan dikenal sebagai “Walking Pneumonia.”

Dr. Dani menekankan bahwa pneumonia bisa dicegah dengan memberikan ASI eksklusif sejak bayi lahir. ASI mengandung zat-zat seperti imunoglobulin, kolostrum, dan nutrisi penting lainnya yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi. ASI juga sesuai dengan kebutuhan bayi, mengurangi risiko alergi dibandingkan susu formula. Melalui ASI eksklusif, kita dapat melindungi anak dari pneumonia dan infeksi lainnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button