JitoepediaKesehatan

6 Makanan Mesti Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

JITOE.com – Untuk menjaga kesehatan selama berpuasa di bulan Ramadan, penting untuk memperhatikan pola makan yang seimbang. Beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap kuat sepanjang hari.

Berikut adalah 6 makanan yang sebaiknya dihindari:

  1. Makanan yang digoreng: Gorengan seperti tahu, tempe, pastel, dan risoles sering menjadi pilihan saat berbuka puasa. Namun, konsumsi makanan yang digoreng berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan dan meningkatkan rasa haus selama puasa. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang digoreng untuk menjaga kesehatan.
  2. Makanan tinggi gula: Makanan manis sering dikonsumsi untuk energi tambahan selama puasa, namun konsumsi gula berlebihan dapat mempengaruhi kadar gula darah dan menurunkan energi. Gantilah gula buatan dengan gula alami untuk menjaga kesehatan tubuh.
  3. Makanan tinggi garam: Konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi dan masalah kesehatan lainnya. Perhatikan asupan garam agar tubuh tetap sehat selama puasa.
  4. Makanan pedas: Mengonsumsi makanan pedas berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut, seperti mulas. Hindari makanan pedas saat sahur dan berbuka untuk menjaga kenyamanan selama puasa.
  5. Makanan berserat tinggi: Meskipun serat baik untuk pencernaan, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan perut. Atur konsumsi makanan berserat agar puasa tetap lancar tanpa gangguan kesehatan.
  6. Minuman berkafein: Kopi dan teh mengandung kafein yang dapat meningkatkan rasa haus dan membuat tubuh menjadi lemas. Sebaiknya hindari minuman berkafein dan pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama puasa.(*)
Baca Juga:   9 Makanan Dipercaya Membatu Melancarkan Pencernaan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button