Olahraga

Bertepatan dengan HUT ke-75 RI, Piala Menpora Esports Resmi Bergulir

Jitoe – Piala Menpora Esports 2020 Axis resmi dimulai bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Indonesia pada Senin (17/8/2020).

Piala Menpora Esports merupakan kejuaraan esports tingkat nasional untuk kelompok pelajar SMP, SMA dan mahasiswa.

Sebanyak lebih dari 10 ribu atlet muda yang terbagi dalam 2.048 tim esports mulai bertanding untuk membela institusi pendidikannya masing-masing dan meraih gelar juara.

Bergulirnya turnamen yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI ini ditandai dengan seremoni kick off oleh Menpora Zainudin Amali dan Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 AXIS Giring Ganesha.

Baca juga: 10 Ribu Atlet Akan Bertarung di Piala Menpora Esports 2020

Selaras dengan anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan, maka seluruh rangkaian turnamen berlangsung secara daring, tanpa kontak fisik, baik atlet maupun penonton.

Baca Juga:   Es Corona Dicampur 10 Nabati, Duitnya Pake Digital

Menpora Zainudin Amali menjelaskan Piala Menpora Esports 2020 merupakan bagian dari upaya Kemenpora untuk mengembangkan dan memajukan esports secara positif di Tanah Air.

Kejuaraan ini diharapkan mencetak bakat-bakat baru atlet esports Indonesia yang dapat mengharumkan nama bangsa di kemudian hari.

“Sejak awal, Kemenpora berkomitmen untuk mendukung esports agar berkembang dan membawa prestasi bagi Indonesia. Ketika kemudian terjadi pandemi saya melihat bahwa esports ini justru makin populer. Maka dari itu saya menggagas agar ada sebuah kompetisi esports yang tujuannya menjaring bibit-bibit muda berbakat,” kata Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers melalui aplikasi Zoom usai seremoni kick off, Senin (17/8/2020).

Baca Juga:   Puluhan Induk Olahraga Rekreasi dan Eksibisi Siap Dipertandingkan di Fornas VI di Palembang

Menpora menambahkan pemerintah menyadari bahwa esports sangat populer di kalangan anak muda. Oleh karena itu salah satu pengembangan esports yang penting saat ini adalah menghadirkan wadah-wadah kompetisi yang terstruktur dan berjenjang.

Terlebih saat ini institusi pendidikan mulai dari SMP, SMA, hingga universitas sederajat semakin terbuka dan terlibat dalam mengembangkan esports secara positif.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button